Tips mencegah mabuk saat perjalanan

Tips mencegah mabuk saat perjalanan
Nah untuk menghindari mabuk darat/ perjalanan dengan mobil ini pembaca perlu mengetahui tips-tips bagaimana cara mencegah mabuk perjalanan ini, paling tidak mengetahui cara mengurangi resiko mabuk darat ini.
Lakukan hal ini untuk mencegah mabuk saat berkendara:
1. Pilih tempat duduk yang minim goncangan/ goyangan suspensi mobil.
Nah jika ada yang sering mabuk maka tempatkanlah anak/ orang yang sering mabuk tersebut di kursi yang minim goncangan, biasanya pada baris tersepan (di sebelah sopir) atau kursi di baris ke dua. Biasanya baris terakhir adalah yang paling keras goncangan suspensinya, karena seat persis di atas roda
2. Hindari aktifitas seperti membaca atau menundukkan kepala, hindari pula melihat sisi kanan dan kiri mobil yang bergerak cepat. Lebih baik melihat jauh kedepan misalnya melihat gunung yang relatif diam (tidak bergerak) sehingga tidak menyebabkan kebingungan sistem keseimbangan tubuh.
3. Saat di perjalanan berikan asupan gizi dan vitamin yang cukup (menyegarkan), buah-buahan seperti jeruk, anggur, apel, pear bisa menjaga kondisi tubuh tetap fresh dan segar serta tidak mudah mabuk.
4. Hindari bau-bauan yang menyengat seperti parfum mobil yang menyengat (berkualitas murah), lebih baik gunakan parfum alami yang lebih menyegarkan dan menyehatkan, baca; penggunaan parfum alami pada mobil saat perjalanan. Bau-bauan yang menyengat tidak hanya dari dalam kabin saja, bau knalpot dari kendaraan di depan atau bau sampah di pinggir jalan juga bisa menjadi penyebab muntah-muntah.
5. Jaga kualitas udara (oksigen) dalam kabin mobil, hal ini bisa dilakukan dengan membuka kaca jendela mobil selama beberapa saat untuk menggantikan udara dalam kabin yang makin lama makin sedikit oksigennya.
6. Jangan gunakan AC kecuali terpaksa, AC ini sangat menyebabkan mabuk untuk orang yang tidak tahan dengan AC, gunakan AC saat benar-benar terpaksa misalnya ditengah perjalanan macet dan kondisi matahari terik. Akan tetapi jika kondisi biasa2 saja cukup gunakan angin alami saja.
7. Sebelum perjalanan hendaknya penumpang dalam kondisi perut yang normal (tidak terlalu kenyang dan tidak terlalu lapar), kondisi kesehatan yang fit juga membuat kita bisa bertahan dari mabuk perjalanan. Usahakan penumpang juga dalam kondisi yang bugar, tidak kelelahan dan tidur yang cukup sehari sebelumnya.

Write a comment